Cara Mengukur Kadar Air Serta Manfaatnya

Kadar air atau yang biasa disebut dengan tingkat kekeringan merupakan kandungan air ( Moisture Content ) yang terkandung didalam sebuah bahan/material baik itu yang berupa biji bijian seperti kopi, kakao / cokelat, padi / gabah, jagung, beras, kedelai, sorgum ataupun bahan atau material yang berbentuk benda padat semisal kayu, tanah, dinding, beton serta bahan bahan lain sejenisnya. Pengetesan kadar air sebetulnya tidak hanya mencakup beberapa jenis bahan diatas, namun juga masih banyak sekali bahan yang tidak semuanya disebutkan diatas. Cara mengetahui kadar air pada suatu bahan ini bisa dilakukan dengan banyak cara serta berbagai metode. Diantara metode pengukuran kadar air yang banyak digunakan diantaranya adalah:

Metode Oven ( Heating )

Metode pengukuran ini merupakan metode pengukuran kadar air yang paling akurat. Pada pengukuran kadar air menggunakan metode ini, sampel yang akan dites nilai kadar airnya dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan alat pengukur kadar air infrared pada suhu serta  lamanya waktu pemanasan yang sudah ditentukan.Sebelum mulai dipanaskan berat sampel akan diukur lebih dahulu dengan fitur timbangan digital yang telah terintegrasi daam alat tersebut, setelah rentang waktu pemanasan selesai, berat sampel setelah pemanasan akan diukur kembali, dari selisih berat pada waktu sebelum dipanaskan dan setelah dipanaskan dapat diketahui nilai kadar airnya.

Metode Inductive

Metode pengukuran ini biasanya diterapkan pada pengukuran kadar air benda padat seperti kayu, dinding, kuit binatang, lantai, kertas tembok dan lain sebagainya, alat penguji kadar air dengan metode ini juga banyak dikenal dengan alat pengukur kadar air model tempel, seperti pada alat pengukur kadar air MC-7825S.

Metode Gaya Tolak Elektris

Metode pengukuran ini paling sering digunakan pada alat pengukur kadar air yang banyak dimanfaatkan untuk pengukuran kadar air secara cepat dilapangan. Pada alat ini biasanya mempunyai probe berupa 2 buah tusukan menyerupai garpu tala atau jarum logam dan sejenisnya yang terintegrasi langsung dengan alat ini maupun yang menggunakan probe eksternal seperti pada alat uji kadar air biji bijian MC-7825G. Metode ini juga diaplikasikan pada alat pengukur kadar air model tuang dengan tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang model tusuk.

Pengukuran kadar air juga dapat dilakukan dengan metode metode lainnya tergantung jenis dan sifat bahan yang akan diukur kadar airnya. Untuk bahan dengan kadar gula tinggi, kadar airnya dapat diukur dengan menggunakan refraktometer disamping menentukan padatan terlarutnya pula. Dalam hal ini, air dan gula dianggap sebagai komponen-komponen yang mempengaruhi indeks refraksi.

Manfaat pengukuran kadar air.

Pengukuran kadar air memiliki manfaat yang besar dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam hal peningkatan kualitas. Beberapa manfaat pengukuran kadar air yang sangat umum kita rasakan diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Menghindari pembusukan selama penyimpanan maupun selama pengiriman yang disebabkan oleh jamur dan bakteri yang hidup pada lingkungan yang lembab. misalnya bada biji bijian seperti jagung, beras, kakao, kopi dan berbagai macam biji bijian lainya
  • Meningkatkan kualitas dan daya tahan, dengan kadar air yang sesuai, bahan seperti beras, jagung dan bahan lainya dapat disimpan lebih lama tanpa mengalami penurunan kualitas.
  • Tingkat kadar air yang sesuai pada bahan kayu dapat menjaga kualitas bangunan dari perubahan bentuk fisik yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh tingginya kandungan air pada kayu sebelum diproses.
  • Kadar air yang terlalu tinggi pada dinding akan merugikan dari sisi kesehatan maupun ketahanan bangunan, dengan mengukur kadar air yang sesuai untuk dinding banyak keuntungan yang didapat misalnya : cat akan lebih kuat dan tahan lama melekat pada dinding dan nyaman dilihat dari segi kesehatan.
  • Dan masih banyak keuntungan dan manfaat pengukuran kadar air tergantung dari jenis dan bahan yang diukur.
Demikian beberapa Cara Mengukur Kadar Air Serta Manfaatnya, untuk produk produk pengukur kadar air bisa dilihat disini.

0 Response to "Cara Mengukur Kadar Air Serta Manfaatnya"

Posting Komentar